Monday, October 28, 2013

Operating System HandPhone

Operasi Sistem Handpone, riato.blogspot.com - Sistem operasi pada ponsel atau telepon genggam adalah sofware, sama halnya dengan komputer keberadaan operasi sistem sangat diperlukan untuk mengatur aplikasi dan software maupun hardware dalam ponsel. Pengaturan dan pengontrol ini dilakukan untuk menjalankan fitur-fitur dalam ponsel serta bertanggung jawab mengoperasikan semua aplikasi mulai dari text message, camera, keyboard, skedulling task, e-mail, pemutar musik hingga aplikasi lain yang nantinya saling terhubung dan tersingkronasi satu dengan lainnya. operasi sistem HP dapat Anda temukan di masing-masing produk HP, karena antara satu HP dengan HP lainnya tidak memiliki sistem operasi yang sama.

Berikut ini beberapa Sistem Operasi HP

Sistem Operasi Symbian
Sistem operasi yang satu ini adalah sistem operasi yang telah dikembangkan oleh Symbian Ltd dan dipergunakan pada penggerak mobile phone. Pertama sistem operasi ini digunakan oleh Nokia dan sekarang digunakan untuk smartphone vendor-vendor besar baik Motorola, Ericsson maupun Pyson dan Nokia. Sampai saat ini Symbian adalah operasi sistem nomor wahid karena dipandang paling unggul untuk jenis ponsel. User yang dipergunakan adalah framework yang flexsibel sehingga para vendor bisa memvariasaikan produknya sesuai keinginan masing-masing vendor.

Sistem Operasi Windows Mobile
Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh microsoft. Biasa digunakan pada ponsel yang berjenis PDA yang berupa aplikasi operasi sistem bagi kalangan menengah atas, dan banyak dibutuhkan kalangan pembisnis. Banyak keungulan yang di dapat dari windows, karena IT (Information Technology) cocok dengan hal platform dan memudahkan eksistensi software. Keunggulan lain adalah adanya GPS, layanan Televisi, Mobile Blog dan Mobile Database.

Sistem operasi Palm
Sistem operasi ini merupakan sistem operasi saingan dari windows mobile. Karena mutlak digunakan untuk telepon pintar dan dirancang menjadikan sebuah telepon pintar mampu memberi kemudahan bagi para pelanggannya. Kebaikan dari sistem operasi yang satu ini adalah tanpa adanya banyak memori, sistem operasi bisa dijalankan dengan baik

Sistem Operasi Android
Android saat ini banyak digandrungi dan banyak mempersembahkan aplikasi serta fitur-fitur baru dalam books marketnya. Perusahaan terbesar Google mempersembahkan operasi Android untuk ponsel pintar saat ini.

Sistem Operasi Linux
Sistem Operasi yang satu ini dikatakan sebagai sistem yang ideal untuk ponsel, dimana sistem ini lebih fleksibel dan memerlukan memori yang lumayan kecil sehingga bisa sekaligus untuk berhemat.

BlackBerry 10
Handset dengan sistem operasi BlackBerry 10 dirilis oleh Research in Motion (RIM) pada akhir Januari 2013 ini. Ditujukan untuk mengembalikan pamor BlackBerry, sudah tentu BB10 punya beragam fitur unggulan.
OS ini berbasis QNX yang sudah dipakai sebagai sistem operasi tablet PC BlackBerry PlayBook. Operasional ponsel dilakukan dengan sistem swipe atau geser sehingga tidak membutuhkan tombol fisik. BlackBerry 10 pun dijejali beragam fitur yang lumayan menarik.
Misalnya, fitur BlackBerry Hub akan menampung semua pesan, notifikasi, ataupun kalender dan bisa diakses dengan mudah. Di sektor kamera, ada fitur yang berfungsi seperti mesin waktu. Jika foto yang diambil tidak sesuai harapan, fitur ini seolah mampu mengulang momen sehingga pengguna bisa memundurkan sejumlah frame untuk menemukan foto yang lebih bagus.
RIM bahkan mengklaim BlackBerry 10 dirancang untuk tidak mengalami hang atau crash saat dioperasikan. Dan saat peluncurannya nanti, OS ini akan didukung puluhan ribu aplikasi di BlackBerry World.


Tizen
Samsung tengah berjaya dengan deretan ponsel berbasis OS Android. Namun mereka juga cukup giat mengembangkan OS sendiri. Setelah kehadiran OS Bada yang kurang begitu bersinar, vendor asal Korea Selatan ini bersiap menghadirkan sistem operasi bernama Tizen.
Tizen merupakan kolaborasi Samsung dengan raksasa prosesor Intel. Intel memutuskan mengembangkan Tizen setelah OS MeeGo yang mereka kembangkan bersama Nokia mandeg di tengah jalan.
Tizen berbasis open source seperti Android. Selain untuk smartphone, platform baru ini niatnya juga akan menghampiri komputer tablet, Smart TV sampai sistem hiburan di kendaraan.

Sailfish
Sejumlah mantan pegawai Nokia tak puas karena perusahaan asal Finlandia itu meninggalkan OS MeeGo dan memilih Windows Phone. Mereka pun berinisiatif mendirikan perusahaan sendiri bernama Jolla untuk melanjutkan perkembangan MeeGo.
Jolla telah memperkenalkan OS baru bernama Sailfish yang merupakan modifikasi dari MeeGo. Pengoperasiannya pun mirip mirip dengan MeeGo, yaitu dengan sistem swipe atau geser.
Jolla menyatakan, Sailfish akan kompatibel dengan beberapa aplikasi Android, Selain untuk smartphone, Sailfish dikembangkan untuk tablet PC. Dan juga berbagai perangkat lain seperti komputer, televisi, dan gadget di kendaraan.

Ubuntu
Awal tahun 2013, Canonical–perusahaan di balik distribusi Ubuntu–secara resmi memperkenalkan sistem operasi Ubuntu untuk smartphone. Pendiri Canonical, Mark Shuttleworth, langsung mendemokan sistem operasi ini di markas besarnya di London, Inggris.
Mark mengklaim bahwa Ubuntu punya interface lebih bersahabat dari seluruh sistem operasi ponsel saat ini. Melalui sebuah video ia memamerkan mudahnya pengguna mengakses aplikasi favorit, mencari file, bernavigasi, hingga sistem notifikasi yang sederhana namun informatif.
Soal kekayaan aplikasi, Ubuntu juga percaya bahwa toko aplikasi mereka yang bernama Ubuntu Software Centre mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya. Aplikasi memang sangat penting untuk menambah potensi sukses sebuah OS.
Ubuntu untuk smartphone memang secara resmi sudah dikumandangkan. Akan tetapi ponsel yang menggunakan sistem operasi ini diprediksi baru ada di penghujung 2013 atau awal 2014.

Firefox OS
Mozilla tak mau ketinggalan mengembangkan sistem operasi mobile baru yang dinamakan Firefox OS. Dengan dukungan beberapa perusahaan telekomunikasi besar, Firefox OS diklaim akan menantang kedigdayaan Android dan iOS di iPhone.
Mozilla mengatakan, operator seperti Deutsche Telekom, Sprint, Smart, Telecom Italia, Telenor dan Etisalat, telah menyatakan dukungannya pada Firefox OS. Vendor ponsel ZTE dan TCL juga akan merilis ponsel Firefox OS dengan prosesor Qualcomm Snapdragon.
Dukungan dari operator dan vendor handset dinilai krusial bagi OS baru smartphone. Sebab, mereka akan menantang Android dan iOS yang saat ini sangat mendominasi. Belum lagi OS lainnya dengan market share lebih kecil juga masih banyak digunakan.
Gary Kovacs selaku Chief Executive Mozilla Corp, meyakini Firefox OS masih punya peluang di tengah sesaknya pasar OS mobile. Terlebih platform ini disediakan gratis, berdasarkan pada standar web terbuka dan aplikasinya dikembangkan dengan teknologi HTML5.

Riato Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Jejak