bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Friday, April 26, 2013

Chatting berbasis LAN (Local Area Network)

Chatting dalam jaringan LAN
Mungkin anda sudah sering melakukan chatting dengan protocol yang populer seperti  Yahoo Messenger, Google Talk, Facebook Chat, Skype, dsb. Dan seperti yang kita ketahui, protocol-protocol diatas berjalan dengan koneksi internet.

Lalu bagaimana jika kita ingin melakukan chatting dalam ruang lingkup lokal (tanpa internet) seperti pada jaringan LAN atau VPN ?? Membangun chat server tentu bukan pilihan praktis.

Salah satu solusinya adalah menggunakan aplikasi messenger Pidgin dengan protocol Bonjour. Dengan Bonjour kita tidak perlu memikirkan chat server, cukup dengan menambahkan user, anda sudah bisa available pada room chat lokal, dan melakukan chat dengan rekan-rekan pada jaringan LAN/VPN.

Bonjour juga bersifat multi-platform, bisa jalan di Linux (Ubuntu) maupun Windows. Bonjour secara default sudah didukung dengan baik di OS Ubuntu, tetapi khusus di OS Windows kita harus menginstall "Bonjour Print Services for Windows" terlebih dahulu agar bisa menjalankan chat dengan Bonjour.
bagi yang tertarik silahkan download Bonjour disini

Alternatif lain jika kamu punya Local Area Network (LAN) (semisal di warnet atau kantor) kamu pun bisa membuat jaringan chat pribadi Memakai aplikasi bernama Squiggle. Walau bersifat open source atau gratis, Squiggle cukup handal dan memiliki beragam fasilitas yang mumpuni seperti kamu bisa mengirimkan file dan bahkan chatting dengan suara via LAN. Hebatnya itu bisa dilakukan tanpa perlu server. Cukup instal dan jalankan! download Squiggle disini
    beberapa Software gratis lain yang dapat digunakan yaitu :
  1. BORGChat
  2. LANcet Chat
  3. LAN Messengger
dan masih banyak lagi aplikasi lainnya baik yg gratisan maupun yg berbayar.
semoga bermanfaat....

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Jejak